Manfaat Gula Aren bagi kesehatan tubuh

Gula Aren (Gulo Bargot)
GULA AREN (GULO BARGOT)

Gula Aren aman dikonsumsi penderita diabetes, karena Gula aren memiliki tingkat glisemik yang cukup rendah yaitu 35 GI (Indeks Glisemik), ketika mengkonsumsi gula aren, gula tidak secara langsung memecah glukosa dalam darah, namun melepaskan energi secara perlahan sehingga tidak akan terjadi kenaikan atau penurunan kadar gula secara serta merta (tiba-tiba), sehingga tidak perlu merasa khawatir kadar gula dalam darah langsung melonjak tinggi atau rendah. Oleh karenanya gula aren aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Bahkan dalam sebuah penelitian yang dikemukakan oleh Philippine Food Reseacrh Institute bahwa gula aren memiliki kandung makro nutrient lebih banyak dibandingkan dengan madu dan gula tebu.
Gula aren tidak mengandung bahan kimia negatif dalam pembuatannya. Gula aren menghasilkan rasa manis alami yang memang sudah berasal dari nira. Sehingga aman dikonsumsi bagi siapa saja, maka tidak akan mengganggu produksi insulin dan dapat menentramkan kerja pankreas.
Berikut manfaat dari Gula Aren :
1.         Mengandung Antioksidan 
Antioksidan adalah antibodi didalam tubuh yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Nah, dengan mengkonsumsi gula aren secara cukup, dapat meningkatkan anti oksidan didalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

2.         Dapat Mencegah Anemia 
Kandungan zat besi yang tinggi pada gula aren membuat siapa yang mengkonsumsinya akan terhindar dari anemia atau kurang darah.

3.         Melancarkan Sistem Pencernaan 
Gula aren yang telah dicerna di dalam tubuh akan melepaskan energi untuk tubuh dalam waktu yang cukup lama dan kandungan riboflavinnya mampu membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.
  
4.         Dijadikan Campuran Kuliner 
Sebagai pemanis yang menyehatkan, tentu menjadi bahan yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja dari daftar bahan pelengkap masakan kuliner. Diantara kegunaannya adalah untuk pemanis puding, bubur, kolak, kue-kue basah campuran minuman tradisional dan masih banyak lagi.

5.         Dapat Meningkatkan daya Tahan Tubuh 
Gula yang rasanya manis ini dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, beberapa unsur kimia yang terkandung didalamnya sangat penting untuk membantu memperlancar peredaran darah, menguatkan limpa, dan mengurangi rasa nyeri pada lambung. Untuk itu, konsumsi gula aren secara teratur dengan porsi yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

6.         Dapat Menormalkan Kolestrol 
Gula aren ini mengandung Niacin yang berguna untuk menormalkan kolestrol didalam tubuh. Selain itu, Niacin juga berguna untuk menghaluskan kulit, membantu sistem syaraf, serta menjaga bibir yang pecah-pecah dan sariawan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment